5 Destinasi Wisata Di Palembang Yang Mempesona

Image result for destinasi palembang

Salah satu ibu kota terindah di pulau sumatera yaitu Palembang. Jika anda pernah mendengar nama kota Palembang, pikiran anda pasti langsung mengarah ke kulinernya berupa pempek. Makanan ini sangat populer di Indonesia, pempek Palembang itu kini sudah sampai di seluruh Indonesia. Bukan hanya kulinernya saja yang terkenal namun kota ini juga memiliki sungai musi dan jembatan ampere yang telah menjadi landmark kota. Jembatan Ampera merupakan jembatan yang menjadi bukti penderitaaan rakyat Indonesia pada masa itu, karena Ampera itu sendiri singkatan dari Amanat Penderitaan Rakyat. Sungai Musi dan Jembatan Ampera ini tidak bisa dipisahkan bagai pasangan yang tidak bisa di ceraikan, yang saling terikat satu sama lain. Palembang dulu adalah pusat peradaban pada saat kerajaan Sriwijaya, di mana kota ini merupakan tempat bernaungnya umat Budha terbesar di Asia Tenggara kala itu Di karenakan pada zaman itu kerajaan Sriwijaya membentang dari seluruh pulau sumatera hingga menguasai daratan semenanjung Malaya pada abad ke 9. Kota Palembang ini juga dijuluki sebagai buminya Sriwijaya, dan nama kerajaan ini di abadikan menjadi salah satu nama universitas di Palembang yaitu Universitas Sriwijaya. Berikut ini adalah tempat wisata di Palembang yang menarik untuk anda kunjungi.

1.Bukit Siguntang

Untuk anda yang suka dengan suasana pegunungan atau pemandangan yang hijau, anda dapat berkunjung ke bukit Siguntang. anda akan merasakan kesegaran dan juga keindahan alam yang mempesona saat berada di bukit Siguntang tersebut. Letak dai bukit ini ada di Bukit Lama, kecamatan Ilir Barat. Tinggi dari Bukit Siguntang setinggi 29 sampai dengan 30 meter di atas permukaan laut sehingga bukit ini sebenarnya tidak terlalu tingggi untuk tinggi sebuah bukit. Anda jangan lupa untuk membawa bekal makanan ke atas bukit, karena butuh tenaga ekstra untuk sampai ke puncak bukit ini.

Dahulu banyak orang yang percaya bahwa bukit ini banyak di gunakan oleh orang – orang pada masa lampau sebagai tempat beribadah atau tempat bersemedi. Banyak sekali kegiatan yang dapat anda lakukan di tempat ini, salah satunya adalah berziarah kompleks pemakaman para bangsawan kerajaan Sriwijaya, para bangsawan itu memiliki jasa yang sangat penting bagi Palembang.

 

 

2.Jembatan Ampera dan Sungai Musi

Tempat wisata paling terkenal di kota ini yang harus anda kunjungi ketika berada di Palembang adalah Jembatan Ampera dan sungai Musi. Berkunjung ke tempat ini adalah hal yang wajib bagi anda dikarenakan jembatan ini dan sungai Musi merupakan ikon dari Kota Palembang. Belum afdol jika anda tidak datang ketempat yang satu ini ketika melakukan kunjungan ke kota Palembang.

Jembatan Ampera adalah jembatan yang dibuat oleh rakyat Indonesia. Anda bisa berkunjung ke jembatan ini pada malam hari, hal itu dikarenakan saat malam hari jembatan Ampera akan sangat eksotik dipenuhi dengan lampu. Pada tahun 1962 jembatan ini digunakan untuk penghubung dari Ulu dan juga Ilir. 50 meter dari Jembatan Ampera ini ada pusat souvenir dan juga makanan, di pusat souvenir dan makanan itu memudahkan anda untuk menikmati kuliner dan juga berbelanja oleh oleh.

3.Benteng Kuto Besak

Tempat wisata yang bisa anda nikmati selanjutnya di Palembang adalah benteng Kuto Besak, benteng ini dekat dengan jembatan Ampera. Dapat dikatakan bahwa jembatan ampera ini dekat dengan berbagai macam tempat wisata yang ada di Palembang. Karena sebab itu tempat pertama yang dapat anda kunjungi ketika berada di Palembang adalah Jembatan Ampera, sehingga anda ketika udah berada di Jembatan Ampera akses untuk menuju tempat wisata lainnya yang ada di Palembang akan  bertambah mudah.

Adanya Benteng Kuto Besak ini merupakan bukti bahwa kota Palembang Darussalam tersebut berjaya dan berkembang di Indonesia pada masa lampau. Melihat benteng Kuto Besak yang ada di Palembang ini akan mengingatkan anda dengan benteng Vredeburg yang ada di Kota Yogyakarta. Kedua benteng itu pun sama – sama mengingatkan anda akan perjuangan bangsa Indonesia pada saat jaman penjajahan Belanda. Di dalam Benteng Kuto Besak terdapat kantor kesehatan Kodam Sriwijaya 2 dan juga rumah sakit angakatan darat. Bahkan tempat tersebut adalah benteng yang dibangun menggunakan dinding batu yang sangat kuat. Fungsi benteng ini pada jaman dahulu adalah digunakan sebagai benteng pertahanan dari serangan musuh. Meski sudah dibuat sejak jaman dahulu, benteng ini tetap kokoh dan tidak rapuh termakan waktu.

4.Masjid Agung Sultan Mahmud

Mendengar namanya berupa Masjid Agung anda dapat menyimpulkan bahwa masjid ini merupakan masjid yang besar sesuai dengan namanya. Masyarakat setempat menamakan Masjid Agung dikarenakan masjid ini adalah masjid yang paling besar di Sumatera Selatan. Tidak hanya namanya saja yang Agung namun masjid ini pun bisa menampung banyak jamaah di dalam masjid ini. Kurang lebihnya ada 15 ribu jamaah bisa ditampung di dalam masjid ini. Letaknya yang ada di pusat kota Palembang pun menjadikan masjid ini begitu sangat mudah untuk di kunjungi. Anda bisa menunaikan ibadah sholat di masjid ini sambil melihat keindahan dan keelokan arsitektur masjid ini. Jika anda memang sedang menstruasi sebaiknya jangan masuk ke dalam ruangan inti masjid. Berkunjung di masjid ini saat malam hari adalah saat yang tepat sebab masjid ini akan terlihat indah dengan cahaya lampu yang memukau mata saat malam hari tiba.

5.Hutan Punti Kayu

Untuk anda yang sedang di mabuk kasih jangan lupa untuk berlibur di tempat wisata yang satu ini. Hal itu dikarenakan tempat wisata yang satu ini adalah tempat yang sangat romantis serta cocok untuk anda melamar sang pujaan hati. Lokasi dari tempat wisata ini sekitar 7 km dari pusat kota. Sedangkan luas dari hutan Punti ini sekitar 50  hektar. Hutan Punti dibangun pada tahun 1998 dan dijadikan sebagai hutan lindung sebab fungsi ekologis yang ada di dalam hutan ini dilindungi undang – undang. Yang dilindungi dari hutan ini adalah tata air dan juga kesuburan tanah yang ada di hutan lindung. Bisa dikatakan bahwa susunan tanah dan juga kesuburan tanah yang ada di hutan ini masih terjaga dengan baik selain itu tanah masih subur.

Hutan Punti Kayu ini akan memberikan panorama yang indah bagi anda yang datang kesana. Panorama yang indah tersebut berupa hutan pinus yang hijau bersuburan disana dan didalamnya ada kebun binatang mini. Ada beberapa flora dan fauna yang dilindungi ada di dalam hutan itu Contoh fauna yang dilindungi di hutan tersebut adalah kera ekor panjang, gajah dan masih banyak lagi lainnya. Kegiatan yang dapat anda lakukan di hutan Punti Kayu yaitu atraksi gajah, berenang, berkuda dan masih banyak lagi  hal lainnya yang patut anda coba. Fasilitas yang ada di sana adalah dermaga perahu mini, rumah joglo, panggung terbuka untuk mengadakan festival dan juga jembatan gantung. Tidak mengherankan karena fasilitasnya yang lengkap banyak orang yang datang untuk berlibur kesini. Untuk hari biasa senin sampai dengan jumat harga tiket masuknya adalah 10 ribu rupiah untuk dewasa dan anak anak tiketnya adalah 5 ribu rupiah.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *