Ini Dia Kondisi yang Membuat Banyak Orang Malas Bayar Tagihan PLN

Source: Pos Kota News

Kehidupan masyarakat tak bisa dipisahkan dari penggunaan listrik. Tak hanya malam, tapi juga siang. Tak hanya untuk penerangan, listrik dibutuhkan untuk keperluan rumah tangga lainnya, seperti mesin cuci, kulkas, TV, pompa air, dan sebagainya. Ya, tanpa listrik, aktivitas akan terhambat. Seperti ketika harus menggunakan gadget, tapi baterainya habis sehingga harus diisi ulang. Tanpa mencolok listrik, gadget tak bisa digunakan. Atau, ketika harus mencuci, mesin cuci dapat membuat proses mencuci lebih cepat, praktis, dan tak melelahkan. Ya, listrik benar-benar dibutuhkan. Oleh karena itu, setiap rumah tangga berlangganan listrik setiap bulannya.

Ketika berlangganan, tentu rumah tangga harus membayarkan biayanya. Namun, tak jarang masyarakat yang terlambat dalam membayarkan tagihan listrik PLN, padahal sekarang juga ada token listrik PLN yang dijual di mana-mana. Penyebabnya bermacam-macam. Bukan hanya karena tak ada uangnya, tapi lebih pada rasa malas. Menjadi masalah kemudian ketika aliran listrik rumah diputus. Kondisi yang tentunya harus dihindari karena dapat menghambat aktivitas. Lalu, apa saja sih yang dapat membuat orang malas membayar tagihan PLN?

Malas Mengantre di Loket Pembayaran

Source: Kompasiana.com

Pembayaran tagihan listrik PLN pasca bayar masih mendominasi di tengah masyarakat. Hal ini karena kemudahannya, di mana masyarakat tak diharuskan untuk membeli pulsa token berkali-kali. Namun, untuk urusan pembayaran, banyak masyarakat yang menyukai cara lama. Di mana masyarakat akan mendatangi loket pembayaran PLN. Karena masih dijadikan pilihan utama, tak jarang kondisi di loket pembayaran membeludak yang membuat antrean pembayaran begitu panjang. Antrean yang panjang ini dapat membuat waktu tunggu terasa lebih panjang. Atas kondisi ini, banyak orang yang enggan atau merasa malas untuk membayar tagihan listrik bulanan.

Biaya yang tak Menentu

Saat mengunjungi loket pembayaran tagihan PLN, kebanyakan masyarakat belum mengetahui biaya tagihan yang harus dibayarkan. Kondisi ini memungkinkan kekurangan uang yang harus biaya. Misalnya, seseorang hanya membawa uang Rp 200 ribu. Sedangkan, tagihan yang harus dibayarkan sebesar Rp 250.000. Kalau sudah mendapati kondisi semacam ini, seseorang tentu harus mengambil uang kembali di rumah atau di ATM. Pada akhirnya kegiatan akan kembali berakhir di meja antrean. Kondisi yang tentu membuat malas untuk membayar.

Perjalanan yang Mungkin Jauh

Source: Abiummi.com

Satu kondisi lainnya yang membuat banyak orang enggan untuk membayar tagihan listrik PLN adalah kondisi perjalanan yang mungkin jauh. Tak jarang memang loket pembayaran berada di wilayah tertentu. Loket pembayaran tagihan itu menjadi satu-satunya pembayaran untuk beberapa wilayah tertentu. Kondisi perjalanan jauh ini juga sering kali membuat rasa malas muncul.

Lalu, bagaimanakah untuk mengantisipasi kondisi malas membayar itu?

Bayar Tagihan Listrik PLN Online

Membayar tagihan listrik PLN secara online menjadi satu cara yang paling praktis dan banyak dipilih sekarang. Opsi cek & bayar tagihan listrik PLN ini memang dikenal lebih mudah dan praktis.

 

(Ingin tau Harga Promo Tiket Pesawat ke Jepang? Baca juga: https://kampungtravel.com/harga-tiket-promo-pesawat-ke-kota-kota-favorit-di-jepang/)

 

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *